Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Memilih Motherboard yang Tepat

Motherboard atau dalam bahasa Indonesia papan induk adalah sebuah tempat meletakkan komponen-komponen sirkuit yang terdapat dalam pc agar bisa berfungsi sebagaimana fungsinya.

Selain itu motherboard atau yang biasa disingkat dengan mobo juga berfungsi untuk mengatur kerja dari komponen-komponen tersebut.

Juga sebagai pengatur arus listrik yang mengalir ke masing-masing komponen dan mengatur lalu lintas data yang sedang diolah oleh komputer. Saking vitalnya fungsi dari motherboard ini, maka pemilihan motherboard akan mempengaruhi baik buruknya kinerja dari komputer yang kita miliki.

Di dalam motherboard terdapat bagian-bagian ataupun istilah-istilah yang sering dipakai. Agar dapat memilih motherboard yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, terlebih dahulu harus diketahui bagian-bagian motherboard.

BIOS

Bios adalah singkatan dari Basic Input/Output System. Bagian ini berfungsi sebagai pengendali hubungan antara hardware yang terpasang pada motherboard dan software komputer.

Socket Processor

Bagian ini berguna untuk meletakkan processor. Berbeda processor, berbeda pula bentuk socketnya. Sebelum Anda membeli sebuah motherboard, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu socket apa yang pas untuk processor yang sudah dimiliki. Ada banyak sekali jenis socket processor diantaranya adalah socket 478, socket LGA, socket AM2, dan masih banyak jenis socket yang lain.

Slot Memori

Bagian ini berguna untuk meletakkan RAM. Sama halnya dengan socket processor, berbeda jenis RAM, berbeda pula slot memori yang digunakan untuk meletakkan RAM tersebut ke dalam motherboard.

Periksa terlebih dahulu apakah RAM yang Anda miliki tersebut jenis RAM DDR 1, DDR2, DDR 3, SDRAM, ataupun jenis RAM yang lain. Pilihlah jenis motherboard yang mempunyai slot memori seperti memori yang sudah dimiliki.

Slot Ekspansi

Slot ini berguna untuk meletakkan perlengkapan tambahan yang menunjang kinerja komputer. Misalnya saja VGA card, soundcard, ataupun peralatan yang lain. Slot ini juga terdiri dari berbagai macam bentuk, ada AGV yaitu slot yang khusus digunakan untuk VGA Card, PCIE atau PCI Express, dan juga PCI.

Masing-masing berbeda antara satu dengan yang lain. Pemilihan slot ini sangat berguna jika Anda memiliki Soundcard ataupun VGA card tambahan. Sesuaikan slot yang ada motherboard dengan slot yang dibutuhkan oleh VGA card yang sudah dimiliki. Jangan sampai Anda memiliki VGA cars AGV tetapi membeli motherboard dengan slot PCI Express.

Batere CMOS
Bagian ini berfungsi sebagai sumber tenaga untuk motherboard dalam mengenali komponen yang terpasang sebelum adanya sumber listrik yang masuk.

Konektor

Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan komponen-komponen yang lain. Diantara konektor yang bisa dijumpai pada motherboard adalah konektor keyboard, konektor hard disk, konektor power, konektor usb, konektor VGA, konektor sound, dan beberapa konektor yang lain.

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan adalah apakah Anda termasuk orang yang suka overclock. Kalau tidak suka dengan overclock, pilihlah motherboard yang tidak menyediakan fasilitas overclock karena harganya akan jauh lebih murah. Selain itu pilihlah motherboard sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika kebutuhan Anda adalah untuk bekerja yang membutuhkan spesifikasi tinggi, pilihlah motherboard yang bagus dan sudah terbukti keawetannya. Tetapi kalau kebutuhan Anda hanya untuk mengetik misalnya, pilihlah motherboard dengan spesifikasi yang biasa saja karena tentunya harga akan lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar