Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Bagaimana Sebaiknya Memperlakukan Monitor Laptop?

Saat ini, laptop bukan lagi menjadi barang mahal bagi masyarakat umum. Dulu, orang yang menenteng benda canggih ini bisa dibilang, hanya orang-orang berduit saja. Kini di pasaran, sudah tersedia beragam laptop murah. Cara memiliki laptop pun sudah banyak pilihan, bisa kontan maupun kredit. 

Nah, bagi pemilik laptop sebaiknya selalu hati-hati memperlakukan barang mereka. Berbeda dengan komputer desktop yang kerentanannya cenderung minim. Sebuah laptop, karena mudah dibawa jadi lebih rawan mengalami kerusakan.

Salah satu bagian laptop yang rentan rusak adalah monitor. Di luar hardware laptop yang lain, keberadaan dan fungsi monitor sama pentingnya. Kerusakan monitor laptop bukan hal yang murah. Jika monitor pecah atau mati, Anda mesti rela mengeluarkan duit yang lumayan.

Nah, sebaiknya ikuti langkah sederhana merawat monitor laptop berikut ini:

1. Bersihkan secara berkala monitor laptop Anda.
Saat ini, untuk membersihkan bagian tersebut di toko-toko komputer sudah tersedia satu set alat pembersih monitor. Di dalamnya terdapat kuas halus, satu botol cairan khusus, dan kain lunak. Cara membersihkan laptop sangat mudah.

2. Dengan kuas halus, bersihkan permukaan monitor dari debu.
Selanjutnya, semprotkan cairan khusus tersebut dengan jarak yang tidak terlalu dekat ke seluruh bidang monitor. Diamkan sekitar 2 menit. Lalu, usapkan kain lunak pada bidang yang sudah disemprot tadi. Monitor Anda jauh lebih kinclong sekarang.

3. Jangan langsung menutup laptop usai memakainya.
Kadang-kadang, setelah beres mengetik atau browsing internet kita serta merta langsung saja menutup laptop. Jika durasi Anda menggunakan laptop hanya beberapa menit, tentu tidak masalah.

Namun jika sudah berjam-jam, menutup langsung laptop sangat berbahaya. Hawa panas yang dihasilkan oleh putaran harddisk laptop berjam-jam kemungkinan bisa merusak monitor. Di dalam monitor ada semacam cairan yang bisa terpengaruh panas tersebut. Jika kejadian ini berlangsung terus menerus, monitor bisa blank. Biasakan menunggu beberapa menit sebelum menutup laptop.

4. Hati-hati membawa laptop.
Meski laptop sudah aman di dalam tas, kerusakan monitor bisa saja terjadi. Kasus monitor pecah rata-rata terjadi karena ketidakhati-hatian kita saat membawa laptop.

Jika Anda menggunakan mobil untuk bepergian, disarankan untuk tidak menyimpan tas laptop Anda di bagasi. Simpan di jok belakang dan pastikan tas tidak terpengaruh jika ada guncangan keras. Monitor pecah ongkos yang harus dikeluarkan mahal sekali. Mengganti dengan spare part yang asli, bisa melebihi harga laptop Anda.

5. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
Sudah beres bekerja, jangan tinggalkan laptop begitu saja di atas meja/lantai. Memiliki anak kecil situasi seperti ini bisa berbahaya. Kasus monitor pecah karena laptop diduduki oleh anak kita kerap terdengar. Jangan salahkan anak Anda jika kasus ini terjadi.

Demikian tips sederhana dalam merawat sebuah laptop. Semoga beruntung!

Sumber:

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar