Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Laptop-Notebook, Komputer Mini untuk Anda

Kalau anda pergi berjalan-jalan ke toko komputer, anda pasti akan sering sekali melihat banyaknya komputer mini yang disebut notebook, atau bahasa lainnya laptop. Notebook adalah komputer mini yang dirancang agar bisa dibawa kemana saja. Walau kecil dan imut, namun daya kerjanya tidak jauh berbeda dengan PC pada umumnya. Hanya saja, laptop/ notebook tidak dirancang untuk melakukan pekerjaan berat seperti mendesain atau pun edit video.

Pada jaman dahulu, notebook berbentuk tebal dan berat. Belakangan ukuran laptop/ notebook ini semakin bervariasi. Bentuknya pun semakin slim dan Hardisknya bisa mencapai 100 sampai 150 giga. Ukuran layarnya pun semakin menyusut. Coba lihat saja, mulai dari ukuran  15 inci sampai ukuran layar terkecil, 10 inci bisa anda temui di berbagai toko komputer.

Cassing notebook pun mengalami perkembangan. Kalau dulu laptop/ notebook dirancang hanya berwarna hitam, namun sekarang sudah beragam. Contohnya adalah laptop milik HP yang cassingnya di buat seperti batik. Bahkan Axio memberikan varian warna-warna berbeda pada laptop/ notebook. Tahun 2009- 2010 ini boming notebook segala ukuran.

Harga notebook yang dahulu sulit terjangkau karena berada di kisaran tujuh sampai dua puluh juta, sekarang sudah berkurang. Bahkan, hanya dengan memiliki uang empat juta rupiah saja anda sudah dapat meminang sebuah notebook dan siap dibawa pulang ke rumah.

Perkembangan zaman yang kian maju dan komunikasi internet memicu dibuatnya variasi lain dari notebook, yaitu netbook. Dia merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet. Netbook ini dilengkapi dengan komunikasi nirkabel dan ukuran layarnya bisa mencapai tujuh inci. Benar-benar super kecil. 

Berbeda dengan notebook, netbook tidak dirancang untuk bekerja karena ukurannya yang kecil, yang tentunya akan menyulitkan para pengguna. Netbook tidak dilengkapi dengan CD Room sehingga bila hendak meng-instal program yang diinginkan, data harus dipindahkan dulu ke dalam flashdisk.

Saat ini baik notebook maupun netbook sedang mengalami booming. Kebanyakan orang lebih memilih bekerja menggunakan komputer jenis jinjing ini. Selain lebih fleksibel, para pengguna notebook juga merasakan prestise yang berbeda bila membawa-bawa notebook ke luar rumah.

Kalau Anda tertarik untuk menjadikan notebook sebagai salah satu perangkat kerja Anda, jangan lupa untuk selalu menjaga notebook Anda. Hati-hati dalam penggunaan dan pastikan jangan sampai Anda menumpahkan saus atau pun air minum ke dekat notebook anda ketika bekerja.

 Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar