Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Jenis Komputer dan Perkembangannya

Berdasarkan Ukuran Fisik Komputer

Jenis komputer yang pertama adalah komputer berukuran ruangan. Besarnya perangkat keras jenis komputer ini disebabkan karena masih menggunakan teknologi transistor. Komputer ruangan inilah cikal bakal komputer yang sekarang. Namun, walaupun komputer jenis ini ukurannya sangat besar, kapasitasnya justru sangat kecil.

Konsep komputer ruangan ini masih tetap ada, tetapi dengan tujuan pengembangan super komputer. Adalah John Mauchly dan J. Presper yang pertama membangun unit komputer yang diberi nama ENIAC. Berat komputer jenis ruangan ini mencapai 18 ton tersusun dari sekitar 18.000 tabung hampa.

Jenis komputer yang kedua adalah komputer desktop. Jenis komputer inilah yang sekarang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan dimensi yang lebih kecil, komputer ini jelas sangat cocok digunakan di rumah-rumah atau di kantor.

Jenis komputer yang ketiga adalah notebook/laptop. Ukuran komputer ini sangat beragam, mulai dari seukuran tas sampai ukuran saku. Memasuki tahun 2000 sampai sekarang banyak yang sudah menggunakan jenis komputer ini. Di samping ukuran yang lebih kecil, harganya pun semakin terjangkau. Kemampuan dalam hal kecepatan dan kapasitas juga semakin besar.

Berdasarkan Tipe Prosesor
Berdasarkan tipe prosesor komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis yang pertama disebut PC XT (Extended Technology). Komputer jenis ini kapasitas datanya mulai dari 64 kb hingga 1 megabyte dan dengan kecepatan 4,7 – 12 megahertz. Komputer ini adalah jenis lama dan sekarang tidak diproduksi lagi.

Jenis yang kedua adalah PC AT (Advanced Technology). Komputer ini adalah pengembangan dari PC XT. Komputer ini mulai masuk pasaran pada awal tahun 90-an. Kapasitas berkisar dari 1 Megabyte sampai 4 Gigabyte, bahkan sekarang lebih dari itu.

Berdasarkan Kemampuan Kerja
Jenis komputer ini terdiri dari tiga jenis. Pertama komputer mikro. Komputer ini hanya menggunakan satu processor untuk melakukan beberapa proses sekaligus. Karenanya, komputer ini memiliki kemampuan terbatas, sehingga dipakai hanya oleh satu orang saja (sering disebut PC=Personal Komputer).

Kedua adalah komputer mini. Komputer ini dilengkapi beberapa processor dengan kemapuannya yang lebih tinggi, komputer ini dapat digunakan oleh puluhan bahkan ratusan pemakai sekaligus. Tiap pemakai dihubungkan ke sebuah komputer mini sebagai pusat (terminal). Yang terakhir adalah komputer jaringan. Hampir sama dengan komputer mini tetapi lebih besar. Komputer ini memiliki ratusan hingga ribuan terminal, di mana terminal-terminal ini dihubungkan ke berbagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar