Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Kelemahan Axioo (Masih Adakah Kelebihannya?)

Kehadiran laptop Axioo sebenarnya cukup membuat angin segar bagi para mahasiswa yang notebenenya minim dana untuk beli laptop dengan fitur yang memadai. Dengan harga yang sangat terjangkau, laptop Axioo sudah berada di tangan. Namun dengan menjamurnya berbagai macam merek laptop, maka kita sah-sah saja membandingan antara satu merek laptop dengan merek lainnya. Axioo memang murah, tapi kelemahan Axioo ada di beberapa fitur penting yang dimilikinya.

Penampilan
Axioo yang didesain untuk masyarakat menengah ke bawah dari sisi penampilan terlihat kurang cantik, tampaknya desainer Axioo lebih mengutamakan fungsi laptop itu sendiri bukan sebagai barang yang dipandang sebagai perhiasan. Casing tidak mulus, mudah kusam, tidak argonomis, dan sangat biasa. Berbentuk kotak dan tidak menarik sama sekali. Bagi yang suka memperhatikan penampilan, Axioo bukan menjadi pilihan.

Baterai
Dari pengalaman teman akrab yang menggunakan Axioo, memang Axioo mempunyai kelemahan di baterai yang cepat drop, mungkin ini disebabkan layar atau LCD Axioo yang memang berukuran jumbo. Sebenarnya dengan ukuran jumbo ini mata kita akan diuntungkan untuk menikmati tampilan layar LCD tersebut, tetapi konsumsi power baterai menjadi lebih boros. Akan tetapi, fungsi laptop yang dipakai mobile menjadi masalah tersendiri. Dengan baterai yang cepat drop tersebut menjadikan Axioo kurang leluasa untuk diajak mobile.

Berat
Belum lagi masalah klasik Axioo yaitu membuat pegal pundak. Axioo mempuyai berat berlebihan. Ini sekali lagi karena ukuran laptop axioo rata-rata besar-besar.

Perawatan Ekstra
Memakai laptop Axioo memang memerlukan perawatan yang lebih karena keypad-nya sering bermasalah. Ada yang lepas juga. Konon, kabarnya Axioo adalah laptop lokal. Jika ini benar maka desainer laptop Axioo ini benar-benar tidak menjiwai karakter orang Indonesia yang kebanyakan menggunakan tangan kanan lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Memakai mouse dengan tangan kanan. Tapi letak blower kipas outlet yang panas ada di sebelah kanan laptop, sehingga tangan kanan  yang sedang aktif memakai mouse menjadi sangat terganggu.

Kekurangan lainnya
Satu lagi pengalaman dari teman, touch pad Axioo mudah rusak. Ketika baru pun saat itu kurang sensitif. Axioo terkesan sebagai laptop coba-coba dan tidak memperhatikan keinginan pasar. Kita mestinya juga sadar dan tidak mengeluhkan kekurangan hadware-hardware laptop Axioo yang mempunyai teknologi agak tertinggal dibanding dengan laptop-laptop lainnya. Misalnya mother board yang hanya menggunakan Clevo dan HDD yang sering bad sector. Kualitas engsel juga ringkih, sehingga ketika buka-tutup laptop mesti hati-hati. Terakhir dari sisi gengsi, Axioo sangat tidak bisa diandalkan karena Axioo memang belum seterkenal merek lainnya.
Artikel ini tidak ingin terlalu mendiskreditkan Axioo. Tapi hendaknya pembuat Axioo belajar dari produk Cina yang tetap disuka karena masih bisa ditemukan beberapa kelebihan dan masih bisa sedikit diandalkan walaupun harganya jauh lebih murah dibandingkan produk dari negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar