Laman

Jumat, 18 Februari 2011

8 Langkah Mengatasi Insomnia

•    Pelajaran pertama untuk mengatasi insomnia adalah menghindari makan dan minum yang terlalu banyak sebelum tidur, karena perut yang terlalu kenyang akan membuat MDers tidak nyaman. Sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan MDers sering terbangun untuk buang air kecil, sehingga otomatis mengganggu waktu tidur.

•    MDers juga perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti coklat, kopi maupun minuman bersoda dari sore hingga malam sebelum tidur untuk mengatasi insomnia. Kafein dapat merangsang syaraf dan memacu jantung, sehingga MDers akan mudah terjaga dan sulit untuk tidur. Ketimbang minuman tersebut, MDers sebaiknya memilih makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat atau minum segelas susu hangat.

•    Cara ketiga untuk mengatasi insomnia adalah jangan menggunakan ranjang sebagai tempat aktifitas lain (seperti makan atau bekerja). Gunakan ranjang hanya untuk tidur —atau seks bagi yang sudah berumah tangga, agar isi benak MDers terfokus untuk tidur. Tak kalah penting, segera pergi ke atas ranjang saat MDers mengantuk.

•    Selain ketiga cara tersebut, mengatasi insomnia juga bisa dilakukan lewat rutinitas olahraga di pagi atau sore hari. Olahraga akan membuat kesehatan MDers semakin prima, sehingga dapat mencegah rasa stress yang menjadi salah satu penyebab insomnia.

•    Bagi MDers yang masih sulit mengatasi insomnia, suasana kamar tidur yang kurang nyaman mungkin jadi penyebab lain. Jadi, buatlah kamar senyaman mungkin, dan matikan semua benda yang dapat menimbulkan suara seperti ponsel, TV dan radio. Kemudian jangan tidur menghadap jam, karena akan membuat MDers stress bila tak kunjung terlelap sementara waktu semakin larut.

•    Ada baiknya satu jam sebelum tidur MDers mandi dengan air hangat, karena akan mengurangi ketegangan tubuh, menyegarkan tubuh dan pikiran, serta menimbulkan efek sedasi yang dapat merangsang rasa kantuk. Pola mandi seperti ini umumnya dilakukan orang barat, tetapi beban pekerjaan dan pola bekerja membuat mereka lebih sulit mengatasi insomnia yang diderita.
•    MDers juga dapat melakukan aktifitas relaksasi secara rutin seperti yoga atau meditasi untuk mempermudah tidur. Latihan ini akan melancarkan pernafasan, mengendurkan otot-otot yang tegang, serta melambatkan kinerja fungsi-fungsi tubuh yang membuat tubuh lebih relaks. Cara ini umumnya berhasil mengatasi insomnia, terlebih untuk para pekerja kantoran yang dirundung stres sepanjang siang.

•    Cara terakhir untuk mengatasi insomnia adalah tidur di siang hari. Tidur siang secara teratur mungkin membuat MDers tidur lebih larut di malam hari. Namun uniknya, keteraturan tersebut membuat MDers lebih mudah tidur di malam hari, selain stamina tubuh lebih terjaga karena diberi waktu istirahat yang cukup.

Nah, bila MDers telah melakukan 8 cara mengatasi insomnia di atas namun belum merasakan dampak berarti, sebaiknya MDers segera berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan berusaha mencari penyebab insomnia yang terjadi, memberikan obat-obatan yang diperlukan, atau mungkin menawarkan metode lain untuk mengatasi insomnia yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar