Laman

Jumat, 28 Januari 2011

Siswa MI Buat ''Crop Circle'' di Hutan Pugak

28 Januari 2011 | 12:28 wib

Kudus, CyberNews. Puluhan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiah NU Matholibul Ulum I di Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Jumat (28/1) membuat pola melingkar mirip crop circle di hutan Pagak, sekitar 200 meter sebelah utara desa setempat.

Kegiatan tersebut tidak dimaksudkan untuk membuat sensasi terkait jejak unidentified flying object (UFO), tetapi semata-mata untuk mengaplikasikan mata pelajaran ilmu bangun yang diterima di kelas.

Menurut guru matematikan dan IPA, Anshory, kegiatan tersebut untuk mengaplikasikan teori yang ada di kelas dengan kenyataan di lapangan. Melalui pendekatan itu, diharapkan pemahaman siswa akan lebih baik. ''Ini hanya merupakan salah satu metode pembelajaran saja,'' katanya.

Diakuinya, hal itu memang baru sekali ini dilakukan. Keinginan untuk mengaplikasikan teori dengan praktik tersebut juga didasarkan atas pemberitaan hangat menyangkut keberadaan crop circle di sejumlah daerah. ''Kebetulan ada temuan tersebut,'' ujarnya.

Menurutnya, siswanya cukup antusias untuk melakukan sistem pembelajaran seperti itu. Saat praktik, mereka dapat membuat berbagai bentuk mulai dari lingkaran hingga garis lurus. Sedangkan peralatan yang digunakan juga sangat sederhana, yakni tali rafia, papan dan para kaki-kaki para siswa itu sendiri.

Lebih Menarik

Berbeda dengan fenomena crop circle di daerah lain yang diprotes petani karena menginjak-injak lahan sawahnya, siswa MI tersebut memanfaatkan lahan kosong di hutan Pugak. Di tempat itu mereka bebas berekspresi untuk membentuk pola lingkaran dan garis sesuai materi yang diberikan di kelas.

Salah seorang siswa, Wahyu Ambar (11) mengaku senang dapat mengikuti kegiatan itu. Hal tersebut memang baru sekali ini diikutinya. Berbeda dengan pembelajaran di kelas, apa yang diterimanya tentu jauh lebih menarik. Namun begitu dia mengaku tidak begitu paham bila pola-pola yang dibuatnya mirip dengan crop circle yang menghebohkan itu. ''Senang juga dapat belajar di alam dan membuat bangun seperti itu,'' katanya.

( Anton WH / CN16 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar